Me

Me
On Air with Bart Ettema

Selasa, 15 September 2009

SI-VTC stands for: Siemens Indonesia 'Vitness' Training Centre

Bingung dengan judul diatas? pasti bingung itu kata dr bahasa planet mana.. hahah.. sebelomnya sori dulu gw menghilang (lagi-lagi) dr dunia maya begitu lamanya, sehingga ga sempet nge-blog lagi.. slama liburan abis Final Exam gw males banget nge-blog.. n gw liburan jg bosen-bosen aja dirumah, nothing much happened.. well, tp sekarang gw dah balik lagi k tempat perantauan gw (halah) d BSD untuk menjalani semester 3 di SGU alias Singapore Garing University eh...salah deh, Swiss German University (ga lucu) hehehe..

Ok.. jadi semester 3 ini sebenernya gw ga kuliah, sesuai program kampus gw.. semester 3 ini adalah waktu gw untuk domestic internship, ato gampangnya magang lah, di Siemens BSD Junction.. ga bener2 magang sih, tapi disini gw dpt training dasar untuk Engineering gitu.. nah disinilah masuk kenapa judul blog gw kali ini adalah seperti-di-atas-itu..

Jadi gini.. tentu aja SI-VTC singkatannya bukan yg di judul itu..tp sebenernya it stands for Siemens Indonesia Vocational Training Centre.. di tempat ini gw akan internship slama 3 bulan ke depan.. jadi anak2 dari MT, IE, n Biomed smua internship disini.. dibagi dlm groups gitu, terus jadwal trainingnya di rolling.. nah selama 2 minggu pertama kemaren, group gw kebagian di bagian Turning and Milling dulu, ato kalo diindonesiakan di mesin Bubut dan Freis.. bagi yg blom tau, Turning machine itu mesin yang dipake utk memproduksi benda-benda yg biasanya berdimensi bulat.. kalo Milling machine itu utk benda-benda yang biasanya berdimensi rectangular gitu lah.. nih gw kasih liat gambarnya dulu aja..


Milling Machine / Mesin Freis
Mesti diengkol buat ngejalanin workpiece (benda kerja)-nya

(Mohon maaf gw ternyata ga pny gambar mesin bubut.. kalo ada yg pengen tau lebih lanjut silahkan Googling aja , ehehehe)

Nah kira2 kyk gitu deh.. oya, kita semua juga pake baju kyk Victor diatas gitu.. itu namanya overall, ato kita sebutnya baju monyet.. jadi tuh baju nyambung gitu clana ama atasnya.. kita tinggal pake kaos ama clana pendek lagi di dalemnya.. n itu baju baunya setengah mati (krn emang bahannya ga mendukung n setelah terkena berbagai macam zat selama bekerja)..

Tp jgn mikir gara2 pake mesin kita nyantai lho.. TETOTT!! Salah besar!! mesinnya manual bo.. ada bbrp fungsi automaticnya memang, tp generally mesinnya manual overide.. di Siemens ini project kita selama internship adalah bikin miniatur mobil classic gitu.. nah di bagian Turning and Milling ini gw bikin chassis, velg, pelat depan, ama pelat belakangnya.. setengah mati bo! kita juga mesti ngikir, gergaji, dll.. gergaji disini bukan gergaji kayak tukang kayu dirumah2 lu orang lho.. itu mah gampang.. lu tau apa yg digergaji pake tangan? Alumunium! yak betul! kalo di tabel unsur, tulisannya Al, no atom 13, no massa 27, kalo ionnya jadi Al3+ (loh kok jadi kuliah kimia? gw aja uda lupa, ga tau dah itu bener pa salah, wkwk) ya gitu deh.. bayangin gergaji logam seberat apa tuh.. n caranya juga susah loh.. pas kita pada baru pertama kali nyoba pada ngaco smua, potong miring2, ga bisa lancar, kcapean, keringet pada deres semua (termasuk gw) haha.. ngomong2 Alumunium, sepanjang 2 minggu kmaren bahan yg gw pake cuma itu.. n waktu hr pertama ada kejadian lucu.. ceritanya bermula dari dikeluarkannya Alumunium pejal batangan, kira2 dengan panjang 1000mm, diameter 34mm, n berat 10kg.. wktu itu tuh batangan ditaro di meja, siap2 dipotong.. sambil nunggu instruktur (Pak Dudi yg super bae), si Victor ngambil tuh batangan, n bercanda seolah2 mau gebuk gw pake itu.. pas lg ambil ancang2 n ngayun kebelakang, tau2 ada bunyi TUNGG!! serius, bunyinya gitu.. tau itu apa? ternyata si Wong lagi ada di belakang Victor, n pas lg ayun ke belakang itu batangan kena ubun2 Wong.. gile itu dari bunyinya aja uda berasa sakit banget banget banget.. n alhasil sampe bbrp hr k depan Wong benjol gede banget.. hari pertama aja udah ada kecelakaan, haha..

So, sepanjang 2 minggu kemaren gw kerja berat bikin empat barang yg gw sebut di atas tadi.. pas gunain mesin freis, gw mesti engkol kyk gambar Victor di atas itu.. meng-engkol susah lho.. ga blh tll cepet, tp ga blh tll pelan juga, spy hasil permukaan benda kerja yg udah dipotong halus.. nih kyk gini kira2:


Pas lagi pake mesin bubut, mesti banyak gergaji, which is sekali gergaji bisa ngabisin 20 menit kira2.. n kalo ga salah mesti 5 kali motong.. belom ditambah gergaji yang laen2.. udah gitu ada ngebor juga, ngukur ini itu yg kepresisiannya alias ketepatannya berada pada kisaran 0.05 mm, ato 50 mikrometer, ato 0.00005 meter.. gile aje, haha.. alat nya tentu aja pake Caliper alias Sigmat alias kalo anak SMA nyebutnya Jangka Sorong! gw yakin semua uda sebel denger nama itu, hahaha.. itu nyawanya anak teknik tuh.. bisa ngukur segala macem, he-he-he..



inilah Caliper, tuh yg dipegang Victor

Sebenernya tadinya gw diajak Hugo buat jd member di Celeb Fitness di TerasKota (mall baru sebelah kampus) karena lg promo, jd murah.. tdny gw pikir boleh juga tuh, mumpung lg internship kalo uda plg kan ga ada tugas.. ehh setelah mengalami hari pertama, pikiran kita berubah total.. ga perlu lagi fitness.. ga perlu lagi olahraga.. kerjanya uda berat gila.. bayangin, minggu pertama aja gw uda turun 2kg, n minggu kedua 1kg lagi (minggu ke2 ga terlalu berat, mgkn krn uda biasa x ya).. malahan badan kita2 uda makin berotot smua.. inilah makanya judul diatas adalah seperti itu..hahahaha..

Ngmg2, tanggal 10 kmaren si Glenn ultah.. Happy bday to you! kita satu group (MT-3) + Christy (cewenya Victor Gunawan) ditraktir makan siang di Pizza Hut, hehe.. seru juga pas tgl 10 itu, pulangnya kita sirem pake aer bekas cuci tangan.. Pak Dudi pun ikut2an nyirem, haha.. sorenya kita berenang, rencananya sih abis berenang n pas uda siap2 mau pulang, mau diceburin lagi k kolam.. tp krn kita uda terlalu cape, ga jadi deh.. Bagi yg blm tau Victor Gunawan itu yg mana, ini dia (FYI, selama ini Victor yg gw sebut adalah Victor Kusnadi, spt yg di gambar di atas):


Victor Gunawan
(selalu bermuka mesum)

Tapi tentu aja, kejadian2 bodoh akan selalu tetap ada.. kadang kalo lagi nunggu giliran, kita suka maen2 ato ngobrol2.. salah satunya kita bikin ini:

Jurus Merebut Kursi by Victor Kusnadi & Brianico Kurniawan


ato melakukan ini:
Melompati Chip


Berikut adalah gambar2 semasa 2 minggu pertama internship.. just FYI aja, hehe..



Ngebor



Skandal



Sebelum Pulang
(cobalah apabila Anda bisa melihat adanya penampakan dalam foto ini)



Seluruh anak MT makan es buah dulu abis pulang, sampe menuhin tempatnya
berjejer sepanjang jalan

Yah kira2 gitu lah, hehe.. sekarang ini gw lg libur lebaran 2 minggu, n kamis besok gw akan terbang ke Inggris, asikk..hehe.. so, nanti abis liburan gw akan masuk ke bagian baru lagi, yaitu Benchwork, alias kerja bangku.. yang pengerjaan segalanya pake TANGAN!! gw ngeliatin anak MT-A kemaren ini uda serem juga, bener2 totally pake tangan, ga pake mesin, haha.. ok deh kalo gitu, sampe ketemu lagi.. Chao!

1 komentar: